Main Area

Main

Mempermainkan Setan

Umayyah bin Makhsyi bercerita :

Suatu ketika Rasulullah sedang duduk dan menyaksikan seorang laki – laki yang menikmati makanannya tanpa terlebih dahulu mengucapkan bismillah. Ketika makanan (sudah hampir habis) dan hanya tersisa sesuap dan hendak memasukkan suapan terakhir itu ke mulutnya, lelaki tersebut mengucap bismillah Awwalahu wa Aakhirahu. (Melihat hal itu ) Rasulullah tertawa kemudian bersabda : “ Setan terus makan bersamanya, maka ketika ia (seorang laki – laki) menyebut nama Allah setan memuntahkan semua isi perutnya.

Kisah ini menunjukkan bahwa setan iku makan makanan orang yang tidak membaca doa atau basmalah. Oleh karenanya, kita harus selalu membaca doa atau basmalah sebelum memulai makan dan minum apa saja. Jika lupa membaca doa sebelum makan, maka di sahkan membaca doa bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu.

(HR. Abu Dawud, No. 3764, kitab al – Ath’imah bab al – Tasmiyah ala ath – Tha’aam)

Intisari :

  1. Dasar membaca doa sebelum makan dan minum (II) adalah anjuran Rasulullah, sebagaimana diriwayatkan Imam Abu Dawud.
  2. Keutamaan membaca doa sebelum makan dan minum (II) adalah mendapatkan keberkahan dan dihindarkan dari kandungan makanan yang berbahaya.
  3. Tatacara membaca doa sebelum makan dan minum (II) adalah membacanya sebelum memulai makan dan minum apa saja. Makan dengan tangan kanan dan mengambil yang terdekat.

HR. Abu Dawud, No. 3730, kitab al – Asyribah, bab Maa Yaquul Idza Syarib al – Laban 

 

Sumber : Turjuman Al-Quran (metode ummi) - halaman 5
2022 Ummi Foundation. All rights reserved. Designed by CreativeTim.