Main Area

Main

Menikmati Menjadi Koordinator Ummi

Ustadzah berkulit putih ini bernama Erly Widari yang berprofesi sebagai Koordinator Ummi di SMP Hasbunallah Tabalong. Ia mengaku menikmati sekali profesinya itu, sebab dia amat mencintai Al Qur’an. Terhitung pada 2016 mulai menjadi koordinator Al Qur’an. Lewat bimbingan mantan kepala sekolah yang terdahulu Erly menjadi sosok yang percaya diri sebagai guru mengaji yang baru lulus SMA. Makin lama makin banyak cara yang dimilikinya dalam menangani berbagai masalah yang timbul di tengah perjalanan menggunakan metode Ummi. Setiap tingkatan kelas penanganannya berbeda. Sebab bukan hal yang sederhana cara menangani siswa-siswa SMP yang nota bene adalah anak pada masa pubertas. Pendekatan dan penanganannya lebih kepada seorang teman, tetapi itulah seninya.

Tidak ada habisnya cerita mengenai murid-muridnya setiap hari. Karena menurutnya berkecimpung dengan murid SMP itu lebih harus memahami gejolak yang terjadi pada usia pubertas umumnya. Mereka akan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Di samping problematika yang mereka hadapi berpengaruh kepada pelajaran di sekolah. Termasuk dalam pelajaran Al Qur’an.

Apalagi kepada mereka yang belum pernah mengenal metode Ummi ia harus persiapkan lebih keras lagi, karena mereka berasal dari luar SD Hasbunallah.

“Terkadang pula siswa ketika di awal agak bosan tapi diingatkan dengan pertanyaan ‘apa sih bedanya SMP Hasbunallah dengan SMP yang lain ?’ mereka menjawab, ada pelajaran Al Qur’an Ummi. Pertanyaan inilah yang dapat langsung merecharge mereka,” Erly menceritakan.

Khusus mereka yang berada di kelas 9 sudah banyak mendapatkan kegiatan-kegiatan menyangkut UASBN. Seperti Simulasi UASBN, Bimbel, munaqasyah dan lain-lain yang menyebabkan mereka kelelahan akhirnya kurang fokus.

Sebagai koordinator Al Qur’an Erly mengaku tanggung jawabnya lebih besar daripada ketika ia hanya menjadi guru mengaji. Karena ia harus membagi kelompok mengaji dan harus pandai memilah-milah siswa mana yang sesuai dengan kelompoknya tersebut. [Far]

2019 Ummi Foundation. All rights reserved. Designed by CreativeTim.